Indonesia memang negeri yang elok. Hal ini sudah diakui oleh dunia. Salah satu tempat di Indonesia yang diakui spektakuler adalah pulau Komodo. Tempat tersebut dicatat oleh United Nations Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO) sebagai salah satu tempat yang dilindungi. Berikut adalah tempat-tempat favorit peninggalan dunia.

1. Batu pematang raksasa (Giant’s Causeway), Irlandia Utara

Lebih dari 40.000 batu vulkanis kokoh muncul di lautan sebagai hasil aktivitas vulkanis sekitar 50-60juta tahun lalu.

causeway-ireland-625x4501

2. Wadi Al-Hitan (Whale Valley), Mesir

Area ini berada di selatan Kairo Mesir yang menceritakan evolusi. Tulang dan rangka berserakan yang memperlihatkan transformasi paus dari binatang di daratan menuju mamalia yang berenang di lautan
whale-valley-unesco-625x450

3. Danau Baikal, Siberia Tenggara

Terbentuk 25 juta tahun lalu, danau ini adalah danau tertua, terdalam di dunia. Kedalaman mencapai 5577 kaki (sekitar 1.8km).

lake-baikal-nsf-625x450

4.Komodo National Park, Indonesia

Taman nasional komodo ini adalah tempat lebih dari 5700 kadal raksasa alias komodo. Di tempat ini juga tinggal 4000 orang. Taman ini berlokasi di pulau vulkanis daerah Wallacea Indonesia. Tempat ini satu-satunya habitat alami komodo di dunia, dan diakui oleh World Wildlife Federation dan Conservatioan International sebagai prioritas konservasi global.

komodo-islands-625x450

5.Grand Canyon, Amerika Serikat

Diketahui sebagai salah satu dari tujuh tempat keajaiban dunia. Grand Canyon diperkirakan terjadi 65 juta tahun lalau saat Colorado Plateou terangkat ke atas sepanjang 1.5 mil di atas permukaan laut.

grand-canyon-625x450

(dari berbagai sumber).